Game (Permainan)


Hasil gambar untuk platform yang digunakan untuk game

Kini, sudah bukan hal asing lagi apabila teknologi sangat mudah ditemui di berbagai aspek. Antara satu dengan lainnya, tentunya memiliki manfaat yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada yang bermanfaat untuk membantu atau meringankan pekerjaan manusia, menunjang edukasi, memberi hiburan, dan lainnya.
Game merupakan salah satu wujud nyata dari pemanfaatan teknologi. Dapat diketahui bahwa perkembangan game dari tahun ke tahun dapat dilihat luar biasa signifikan pengaruhnya terhadap masyarakat. Lalu, apa sih sebenarnya game itu?
Definisi Game
Pengertian Game jika diartikan secara bahasa (berasal dari bahasa Inggris) adalah permainan. Dengan bantuan teknologi, kini game dapat diartikan secara lebih luas lagi. Jadi, secara istilah pengertian game adalah permainan yang diprogram pada suatu perangkat yang dapat dijalankan secara offline maupun online.
Berdasarkan cara bermainnya, game dapat dijalankan pada perangkat yang tidak terhubung ke internet(offline) dan harus terhubung ke internet (online) untuk dapat mengakses suatu server yang terpusat. Oleh karena itu, pengguna tidak dapat bermain game online apabila perangkatnya tidak terhubung ke internet.
Platform yang digunakan untuk menjalankan Game
Berdasarkan alat atau platform yang digunakan, jenis game terbagi menjadi lima, yaitu:

1. Arcade Games

Pada jenis arcade game ini, alat atau platform yang digunakan memiliki box atau mesin yang didesain khusus kebutuhan game itu sendiri. Misalnya game untuk menembak maka disediakan juga pistol yang membantu pemain seolah-olah berada di dalam game tersebut. Atau dengan setir tambahan untuk game balap mobil.

2. Console Games

Game jenis ini menggunakan alat berupa console yang dimainkan pada game playstation, Nintendo Switch, Xbox 360 dan lainnya. Consol game ini penampil grafiknya tetap monitor namun alat pengendalinya membutuhkan joystick atau controller. Jadi, antara joystick dengan monitor biasanya terpisah.

3. Handheld Games

Jika game console membutuhkan bantuan monitor untuk menampilkan grafik atau video game, pada handheld ini sudah tersedia monitor dengan alat pengendali bisa berupa tombol yang bergabung. Sehingga, jenis game handheld ini dapat dibawa ke mana-mana karena perangkatnya terbilang cukup kecil dibandingkan monitor. Contoh yang paling populer ialah game tamagotchi.

4. PC Games

Game yang menggunakan platform PC atau personal computer ini tentunya game yang dapat dimainkan menggunakan PC. Alat pengendalinya dapat berupa mouse, keyboard, atau bahkan joystick.

5. Mobile Games

Game yang menggunakan platform ini merupakan game yang sedang digandrungi oleh semua orang. Pasalnya, game dengan mudah diinstall dan dimainkan di perangkat mobile. Game pada mobile ini juga terbagi menjadi dua lagi, yaitu game yang dapat dimainkan secara offline maupun secara online. Contoh game yang populer ialah mobile legend.
Genre dalam Game
GTA V
Hasil gambar untuk GTA 5
GTA V adalah sebuah Open-World Games yang banyak sekali digemari oleh penggemarnya.Open-World Games adalah sebuah Genre dalam game dimana game tersebut memberikan pemain untuk dapat menjelajahi atau mengeksplorasi dunia dalam game tersebut.Pemain dapat berkeliling sebebas mungkin,menjalankan misi yang sudah diberikan didalam game,Mencari Easter Egg (Sesuatu bentuk rahasia atau kode yang diberikan oleh developer game tersebut),Membuat kerusuhan didalam kota yang ada didalam game tersebut,dll.GTA V ini sendiri mempunyai 3 Playable Character (Karakter yang bisa pemain gunakan) dan bisa diganti sesuai dengan keinginan,tetapi untuk membuka karakter tersebut diperlukan untuk menjalankan sebuah misi khusus untuk membukanya.GTA V ini tersedia dalam Platform Console yaitu PS3,PS4,XBOX dan juga untuk Platform PC.


Comments

Popular Posts